Air Terjun Sedudo (105 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Air Terjun Sedudo (105 meter)

Spot air terjun tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah air terjun Sedudo dengan ketinggiannya yang hampir sekitar 105 meter. Air terjun ini selain cantik juga dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat mandi para makhluk astral dari dunia magis. Mitos tersebut berdasar kisah pada zaman Kerajaan Majapahit, di mana Air Terjun Sedudo adalah kawasan yang disucikan dan bukan sembarang orang yang bisa berkunjung ke air terjun ini. Merdeka77

Pada setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo digunakan untuk upacara ritual yaitu permandian patung pada saat ritual Parna Prahista, setelah itu sisa airnya dipercikkan untuk diterima oleh keluarga, semoga diberikan kedamaian dan kesejahteraan. Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Nganjuk rutin melakukan ritual mandi sedudo setiap 1 Suro.

Tradisi yang tak kalah pentingnya adalah Jamasan Pusaka, biasanya dilakukan di kantor desa Ngliman. Jamasan Pusaka dibuat dengan mencuci pusaka seperti keris, tombak dan pusaka lainnya dari kerajaan Majapahit.

Oleh sebab itu, ada beberapa aturan yang harus ditaati saat kamu mendatangi ke tempat wisata air terjun paling tinggi di Indonesia ini, seperti:

  • Dilarang berbuat tidak senonoh
  • Dilarang membawa pulang barang yang ditemukan di area air terjun.
  • Dilarang membuang sampah tidak pada tempatnya
  • Dilarang mengucap umpatan

Komentar

Postingan Populer